Penjelasan Puskesmas Mengapa Pasien di Banten Tak Dipinjami Ambulans

Detik.com Serang – Solihin (31), terpaksa diangkut keluarga menggunakan mobil pikap ke rumah sakit di Cilegon usai datang ke puskesmas. Puskesmas Mancak, Serang memberi klarifikasi terkait hal itu.

dr Frankie Sudiono dari Puskesmas Mancak mengatakan, sebelum pasien diangkut pikap ke Cilegon, Solihin menurutnya datang ke puskesmas pakai ambulans. Itu terjadi saat sebelum keluarga memutuska untuk membawanya pakai pikap toko material.

Saat datang, pasien juga menurutnya dilakukan observasi dan dinilai masih stabil. Dokter juga menyarankan agar dilakukan perawatan.

Frankie mengatakan, karena harus dirawat, ia sempat bertanya masalah pembiayaan. Ternyata pasien juga memiliki BPJS. Ia juga menjelaskan soal aturan rujukan. Karena bila ada pasien rujukan yang datang dari puskesmas, ia juga harus menelpon pihak rumah sakit terlebih dahulu.

Menurutnya, saat itu pihak keluarga belum menentukan pilihan ke rumah sakit mana. Pihak keluarga yang juga menemani pasiens mencari alternatif ambulan dari partai.

“Saya jawab boleh, dengan catatan kalau tidak didampingi tenaga medis, kita tak bisa memberi pelayanan medis,” katanya kepada wartawan saat ditemui di Mancak, Kabupaten Serang, Banten, Kamis (1/2/2018).

Pihak puskesmas juga sudah meminta menunggu di IGD puskesmas. Namun, entah kenapa pasien kemudian dibawa keluarga menggunakan pikap.

Ia mengaku, tidak ada larangan bagi pasien menggunakan ambulans. Tapi, memang harus mengikuti alur rujukan. Harus ada konsultasi dengan dokter di IGD rumah sakit yang dituju. Karena jika penuh, maka ia akan mencari rumah sakit lain.

Meskipun pasien berangkat sendiri, rumah sakit pun menurutnya pasti menerima.

“Itu sudah dijelaskan dan mereka mengusulkan pakai ambulans partai,” ujarnya.

Frankie mengaku, saat keluarga kemudian menggunakam pikap ke rumah sakit di Cilegon, pihak perawat juga sudah melarang. Keluarga juga sudah meminta agar menunggu ambulans dari partai.

“Saya sudah sarankan tapi menunggu konsultasi dulu sampai acc (disetujui) rumah sakit. Saya tidak menyinggung biaya ambulans. mau bayar mau tidak,” katanya.
(bri/asp)